Minggu, 03 Februari 2013

Wisata Air Terjun di Lombok Utara


Lombok, salah satu pulau di gugusan Sunda Kecil, memiliki keindahan alam yang masih belum terjamah dan tidak kalah dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Wisata pantai, laut, gunung, desa tradisional dan kebudayaan yang masih sangat alami dan patut untuk dikunjungi. Selain Pantai Senggigi, Three Angles Island (Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno), dan Gunung Rinjani yang sudah tersohor, Pulau Lombok juga memiliki sisi keindahan dan kesejukan dari wisata air terjun tepatnya di kaki Gunung Rinjani yaitu Wisata Air Terjun Sendang Gila (baca : Gile) dan Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara.

Berjarak sekitar 60 km dari Kota Mataram atau sekitar 3 jam perjalanan, terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, wisata air terjun ini menjadi salah satu pilihan dari paket wisata yang ditawarkan oleh berberapa biro perjalanan wisata di Lombok. Dari gerbang area wisata air terjun, terdapat beberapa restoran, penginapan dan toko souvenir dan Anda langsung bisa melihat dari kejauhan dan mendengar gemuruh suara Air Terjun Sendang Gila, air terjun pertama dari dua air terjun yang terdapat di area ini.
Ternyata melihat Air Terjun Sendang Gila dari gerbang area wisata tidak sedekat menuju ke air terjun tersebut. Sekitar lebih dari 500 anak tangga yang harus dituruni untuk sampai ke air terjun tersebut. Selama perjananan, penjelasan mengenai asal mula nama Sendang Gila pun diterangkan oleh pemandu wisata. Ternyata air terjun ini ditemukan secara tidak sengaja oleh penduduk lokal saat mengejar dan memburu singa gila yang mengacau desa dan lari masuk ke dalam hutan di kaki Gunung Rinjani.
Udara sejuk dan hembusan air yang tertiup angin sangat terasa sesaat sebelum sampai di Air Terjun Sendang Gila. Ternyata objek wisata ini telah ditata dengan beberapa gazebo tempat bersantai pengunjung. Ternyata tidak seperti air terjun lainnya yang memiliki kolam besar dibagian bawahnya, Air Terjun Sendang Gile tidak memilikinya. Air yang turun dari ketinggian sekitar 30 meter langsung menerpa bebatuan sungai dan air pun mengalir ke sungai. Jadi tidak perlu takut untuk sekedar bermain air dibagian bawah air terjun ini. Konon apabila mandi atau membasuh muka dengan air di air terjun ini, bisa terlihat awet muda. Tidak ada salahnya untuk mencoba dan semoga hal tersebut terjadi ya…
Sudah segar dengan keindahan pemandangan dan bermain air yang turun dari sumber mata air Gunung Rinjani, perjalanan dilanjutkan ke objek wisata air terjun selanjutnya, yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Hanya sekedar tips untuk Anda bahwa kedua air terjun ini walaupun berada di satu kawasan wisata, namun jarak antar air terjun cukup jauh dan perjalanannya yang cukup sulit untuk dilalui. Sebaiknya gunakan alas kaki khusus untuk naik gunung karena rute yang dilalui adalah aliran sungai, bebatuan, jalan setapak didalam hutan. Sekitar 30 menit perjalanan dari Air Terjun Sendang Gila ke Air Terjun Tiu Kelep. Melelahkan, tapi setelah sampai dan melihat keindahan Air Terjun Tiu Kelep, lelah Anda pasti langsung hilang.
Nama Tiu Kelep berasal dari bahasa lokal penduduk setempat. Tiu artinya kolam dan Kelep artinya terbang. Air terjun ini lebih besar dan debit air yang turun juga lebih banyak dibandingkan dengan Air Terjun Sendang Gila. Pemandangan di air terjun ini lebih alami dan belum ada tempat beristirahat untuk pengunjung. Memang rata-rata pengunjung yang datang ke air terjun ini hanya sebentar saja, karena untuk menuju pintu keluar, Anda harus kembali lagi ke Air Terjun Sendang Gila lalu menyusuri 500 anak tangga dengan rute menanjak. Hati-hati, jika Anda ingin berenang didalam kolam Air Terjun Tiu Kelep, karena arus dibagian bawah kolam yang sangat deras. Jadi sebaiknya jika ingin mandi gunakan beberapa air terjun kecil dibagian samping air terjun utama. Bisa menikmati kesegaran air yang sangat dingin dan keindahan alam yang luar biasa eksotis…

Sebaiknya jika Anda ingin ke objek wisata ini, berangkatlah dari Kota Mataram di pagi hari. Ingat jangan lupa sarapan dan setelah menikmati  kedua air terjun tersebut, Anda bisa istirahat sambil makan siang di restoran dekat pintu masuk. Dari restoran ini juga bisa dilihat pemandangan alam Lombok Utara dengan hamparan sawah dan laut di utara Pulau Lombok.
Jika ke Lombok, objek wisata Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep wajib menjadi salah satu daftar kunjungan Anda, dan temukan keindahan alam yang eksotis dari Lombok Utara.
-panca suwandika-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar