Selasa, 04 Maret 2014

Langkawi, Elang dan Batu Karst

Hanya ada jeda kurang dari 40 menit saat pesawat mendarat dan berganti pesawat kembali untuk terbang. Akhirnya saya harus lari dari gerbang imigrasi setelah stample masuk ke Malaysia kembali diberikan di passport saya untuk yang kesekian kalinya, menuju ke ruang check in domestik di LCCT, Kuala Lumpur. Jika terlambat 5 menit saja, mungkin saya tidak diperbolehkan untuk ikut penerbangan, tapi untungnya kakak cantik petugas maskapai berbaju merah mengijinkan saya untuk mendapatkan boarding pass. Panggilan terakhir untuk masuk ke pesawat terdengar dan akhirnya saya bisa terbang ke Langkawi.
'Langkawi Permata Kedah' Slogan Terkenal di Pantai Cenang
Sejam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Langkawi saya pakai untuk tidur, walaupun tidak bisa tidur lelap apalagi sampai ngorok. Perjalanan ke Langkawi saya lakukan sendirian dan hanya 3 hari 2 malam (persisnya satu setengah hari saja). Berangkat Jumat sore dari Medan, dan kembali lagi minggu malam. Tidak mau ambil jatah cuti, tapi saya sarankan kalau mau liburan ke Langkawi dan menikmati seluruh objek wisata yang ada disana, sebaiknya dilakukan selama 4 hari penuh.
Toko sudah pada tutup dan penerbangan dari Kuala Lumpur adalah penerbangan terakhir yang mendarat di Bandara Internasional Langkawi hari itu. Tapi ada beberapa gerai yang masih buka yaitu gerai sewa kendaraan dan taksi. Akhirnya saya pilih naik taksi untuk menuju hotel murah yang sudah saya pesan dari agoda.com, namanya Hotel Desa Terrace di Jalan Pantai Tengah. Taksi dengan paduan warna merah dan kuning, tidak menggunakan argometer, jadi tinggal sebutkan lokasi tujuan langsung dipatok harga (tidak ada tawar menawar). Hanya 15 menit saya sampai di hotel (baca motel saja, karena memang lebih layak disebut motel daripada hotel) dengan harga 22 RM, sampai persis jam 23.30 malam. Setelah urusan check in hotel untuk 2 malam selesai, saya lihat beberapa poster penawaran murah meriah untuk sewa kendaraan, mulai dari sepeda, sepeda motor dan mobil. Ada juga penawaran menarik open trip ke beberapa pulau sekitar Langkawi seperti Payar Island, Hopping Islands dan Mangrove Trip. Saya langsung lihat jadwal yang sudah saya buat, akhirnya saya putuskan untuk sewa sepeda motor selama 1 hari penuh (30 RM+bensin 2.1 RM/liter) untuk keliling Pulau Langkawi di Hari Sabtu dan ikut open trip selama 5 jam di Hari Minggu dengan tarif 35 RM, lumayan murah kan.
Asal tahu saja, kalau matahari terbit di Langkawi itu rada telat yaitu jam 07.30 pagi dan terbenam jam 19.30. Saya berangkat dari hotel jam 9 pagi untuk sarapan di Bella Restaurant di Jalan Pantai Cenang, lanjut jalan-jalan ke Pantai Tengah yang lebih sepi dibandingkan dengan Pantai Cenang. Kedua pantai berpasir putih ini sebenarnya tujuan untuk melihat matahari terbenam, tapi kalau mau jalan-jalan atau lari pagi juga sangat cocok. Pantai yang landai, lebar dan ombak yang tidak terlalu besar, pas banget untuk tempat liburan Anda yang punya anak. Jam 11 siang, saya lanjut pergi ke Langkawi Cable Car atau yang dikenal dengan Langkawi Skycab. Berjarak 17 kilometer dari Pantai Cenang, melewati jalur tebing yang berkelok-kelok di Pantai Kok, hingga tiba di Pelabuhan Teluk Yu, tempat yacht mewah berlabuh. Foto-foto sebentar dan dari pelabuhan kecil ini, sudah terlihat Skycab di puncak tebing yang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Mat Chinchang.
Pantai Tengah dan Pulau Rebak
Pantai Cenang
Tiba di The Oriental Village, yang sebenarnya bukan berupa desa tapi pertokoan terbuka dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari hotel, restoran, pertokoan, cinema 6 dimensi hingga taman bermain. Disinilah lokasi tempat pembelian tiket seharga 30 RM untuk naik skycab. Sebelum ke Skycab, agar tidak kecewa, sebaiknya cek jadwal terlebih dulu disini, karena di hari-hari tertentu akan ditutup dengan alasan perawatan rutin. Akan ada 2 lokasi pemberhentian skycab dengan ketinggian yang berbeda. Titik tertinggi ada di 700 meter diatas permukaan laut dan bisa melihat Pulau Langkawi dan pulau-pulau disekelilingnya 360 derajat. Ada juga jembatan yang menghubungkan antara dua bukit yang sayangnya sedang ditutup karena masa perawatan rutin. Awalnya rencana selanjutnya pergi ke Air Terjun Tujuh (Telaga Tujuh), tapi saat melihat dari skycab, Telaga Tujuh sedang kering, jadi rencana itu saya batalkan.
Pelabuhan di Teluk Yu dengan Latar Gunung Mat Cincang
Antrian Masuk ke Skycab Langkawi
Skycab
Titik Tertinggi di Gunung Mat Cincang
Jembatan Gantung (Ditutup untuk Dilintasi)
Kembali menyusuri Jalan Teluk Yu yang lebar dan sepi dengan hutan jati di sekeliling hingga sampai di Pantai Pasir Hitam. Suasana lebih sepi pengunjung, tapi fasilitas cukup lengkap, ada restoran, pertokoan, hingga tempat bermain anak. Walaupun namanya Pantai Pasir Hitam, tapi pasir di pantai ini tidak berwarna hitam juga, hanya sebagian kecil saja yang bercampur dengan warna hitam. Setelah makan siang di salah satu resto di Pantai Pasir Hitam, saya melanjutkan perjalanan selama 1 jam melalui Jalan Ayer Hangat menuju ke Dataran Lang, pusat pemerintahan di Langkawi. Jika perjalanan Anda menuju Langkawi menggunakan ferry dari Penang, maka akan berlabuh di pelabuhan utama Langkawi (Jetty Point) dan langsung bisa menikmati patung Burung Elang raksasa menghadap ke lautan, lambang dari Langkawi. Kata penduduk setempat, kalau ke Langkawi wajib mengunjungi Dataran Lang yang masuknya gratis (bayar parkir kendaraan saja). Hari itu saya akhiri dengan kembali ke Pantai Cenang untuk melihat matahari terbenam dengan warna langit yang cerah sempurna. Sebelum balik ke hotel, saya mampir untuk makan malam di Restoran Mangga 2 di Jalan Pantai Tengah. Murah meriah dan enak, dengan menu utama sea food khas masakan Melayu. Tempat makan malam yang saya rekomendasikan jika ke Langkawi.
Pantai Pasir Hitam
Dataran Lang
 Sunset di Pantai Cenang
Hari Minggu, saya check out dari hotel, mengembalikan sewa sepeda motor yang habis tepat jam 9 pagi, dan jemputan saya akhirnya datang untuk mengantar saya ikut open trip Hopping Island selama 5 jam. Hanya trip ini saja yang memungkinkan untuk saya ikuti, karena pesawat saya kembali ke Kuala Lumpur jam 5 sore. Berangkat dari Pelabuhan Awana di Bukit Malai, perahu motor dengan 9 orang penumpang termasuk saya dan berkenalan dengan sepasang suami istri dari Bangladesh, Anjohn dan dr. Rummi. Mereka banyak cerita tentang Bangladesh yang menurut mereka cukup menarik untuk dikunjungi, namun kurang terkenal dibanding India, Maldives atau bahkan Sri Lanka. Kami berangkat ke Pulau Dayang Bunting melewati beberapa pulau kecil seperti Pulau Batu Merah dan Pulau Kukus. Pulau Dayang Bunting adalah kawasan konservasi alam dan juga pulau terbesar kedua di Kepulauan Langkawi. Keunikan pulau ini adalah adanya danau air tawar yang cukup besar dikelilingi tebing tinggi batu marmer dan konon terbentuk dari gua marmer besar yang runtuh dan membentuk kawah berisi air. Sekilas saya merasa dejavu dengan Pulau Kakaban, tapi bedanya lebih bagus dan unik di Kakaban, karena ada ubur-ubur tak beracun.
Pelabuhan Awana di Bukit Malai
Pulau Dayang Bunting
Danau Dayang Bunting
Wajar kalau Langkawi memilih lambang berupa Burung Elang, karena masih banyak ditemukan Burung Elang yang terbang rendah di pinggir pantai dan beberapa pulau di Langkawi, salah satunya di Pulau Singa Besar. Di salah satu teluk di pulau itu, ada ratusan burung elang terbang rendah mencari makan ikan dan kembali ke sarangnya di pohon besar yang ada di Pulau Singa Besar. Berlanjut ke Pulau Beras Basah, jadi tujuan terakhir trip, yang memanjakan pengunjung dengan pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang masih jernih. Bermain banana boat, jetski, snorkeling, atau hanya berenang dan berjemur di pinggir pantai bisa jadi pilihan. Akhirnya trip berakhir dan saya juga memberikan alamat email kepada Anjohn dan dr. Rummi, siapa tahu suatu saat saya berminat untuk ke Dacca, Bangladesh.
Atraksi Elang Liar di Pulau Singa Besar
Pulau Beras Basah
Pantai di Pulau Beras Basah
Tepat jam 2 siang saya kembali lagi ke hotel untuk mengambil tas ransel yang saya titipkan, istirahat sebentar sambil ngobrol dengan beberapa petugas hotel yang mengetahui saya berasal dari Bali dan berencana berlibur ke Bali di Bulan Mei nanti. Saya bilang, Langkawi masih terlalu kecil dan kurang lengkap dibandingkan dengan Bali. Kalau di Langkawi kita bisa mengelilinginya hanya dalam waktu 1 hari, tapi di Bali butuh beberapa hari untuk menikmati seluruh pulau. Tidak terasa sudah jam 3 sore, taksi sudah siap untuk mengantarkan saya ke bandara. Liburan satu setengah hari di Langkawi yang membuat saya cukup puas, menyenangkan sekaligus melelahkan.
Langkawi, yang beberapa bilang berasal dari kata ‘LANG’ artinya Elang dan ‘KAWI’ artinya batu karst/batu gamping yang banyak terdapat di pulau ini. Tapi ada juga yang bilang Langkawi dari kata ‘LAGHWI’ yang merupakan sumpah dari seorang perempuan yang dihukum dan  mengutuk penduduk Langkawi tidak sejahtera tujuh turunan. Saya sudah mengunjungi 3 kepulauan yang berada di perairan Laut Andaman dan Selat Malaka dan letaknya berdekatan, Penang, Phuket dan terakhir Langkawi. Tidak lebih baik dari pulau-pulau di Indonesia, tapi dengan masyarakat sadar akan pariwisata, mereka jadi jauh lebih terkenal dari banyak pulau di Indonesia.

-panca suwandika-
February 28th - March 3rd 2014.