Sabtu, 09 Juli 2011

Makan Enak di Bandung


Anda penggemar bintang kungfu legendaris Bruce Lee atau suka dengan hal-hal yang berbau komik?? Namun Anda juga suka mencicipi masakan khas Tiongkok. Ada satu restoran unik dengan suasana serba nuansa kungfu serta pernak pernik komik yang menarik.
Saya berkesempatan dapat tugas 2 hari ke Bandung beberapa hari yang lalu, weekend dan pas dengan liburan sekolah. Anda pasti sudah tahu kondisi Kota Bandung saat itu. Jangankan hotel berbintang, hotel kelas melati pun penuh. Penerbangan dari Surabaya bukan langsung ke Bandung, melainkan ke Jakarta lalu naik salah satu travel terkenal ke Bandung. Penerbangan Surabaya-Bandung dan sebaliknya penuh semua. Ooo lala… Bandung, kota liburan. Selesai meeting memberhentikan taksi di pinggir Jalan Banda. Entah saat itu saya mau menginap kemana. Sudah 6 hotel yang saya telpon, semuanya full alias kamar penuh. Namun memang Tuhan berbaik hati sama saya, saat melewati Jalan H Akbar, disalah satu gang tertulis Hotel Unik. Tanpa ragu langsung masuk gang tersebut, ada 1 kamar kosong, namun family room. Ya sudahlah daripada mencari lagi dan nggak ada kepastian dapat, akhirnya saya check in di hotel tersebut.


Tidak jauh dari hotel tempat saya menginap, di Jalan Pasirkaliki, depan Hotel Guci, saat mencari makan malam, saya melihat ada sebuah restoran yang saat itu cukup ramai. Kata banyak orang, jika suatu tempat makan kondisi ramai ada 2 kemungkinan, harganya murah atau makanannya enak. Semoga saya menemukan keduanya di restoran ini. Hehehehe… Karena ramai, akhirnya saya mengurungkan niat untuk makan malam di restoran itu, namun saya berencana akan makan siang disana sebelum balik ke Jakarta dan terbang pulang ke Surabaya.


Ckeck out jam 10 pagi, beli kleppetart dan brownies kukus titipan teman, langsung menuju restoran tersebut. Jalan kaki sekitar 5 menit akhirnya samapi di Restoran Po Ka Tiam dan untungnya masih sepi. Jadi saya masih bisa untuk memilih tempat duduk buat foto-foto. Ada gambar-gambar Bruce Lee, kartun kungfu dan gambar-gambar khas China di bagian fasade restoran ini. Restoran yang tidak begitu besar, berukuran sekitar 200-300 meter persegi ini telah beroperasi selama 2 tahun. Masuk di bagian interior, banyak gambar-gambar lucu kartun yang hamper seluruhnya bernuansa China. Ada pula beberapa gambar berupa foto Kota Bandung tempo dulu serta poster film jaman dulu yang seluruhnya dibingkai rapi dengan ukuran dan penyusunan yang tidak beraturan.



Bagian pojok belakang ruang makan restoran ini, terdapat ornamen batang pohon dengan sedikit daun merah yang menambah suasana Tiongkok di ruangan tersebut. Bohlam lampu yang sengaja di gantung dengan kabel panjang diantara fan gantung berwarna hitam memberikan komposisi warna dan ornamen yang unik bagi saya. Ditambah lagi beberapa penyelesaian dibagian dinding ruangan seperti bata ekspos, parket kayu dan cat halus. Kursi dan meja makan kayu sederhana membuat suasana jadi tambah nyaman.



Ok, sekarang bicarakan mengenai makanan. Menu ditampilkan dengan bentuk pesanan langsung. Tanpa ada gambar atau penjelasan apapun. Ada juga menu yang ditulis di papan tulis dan digantung diatas meja penyajian. Melihat pilihan makanan, kebanyakan Chinese food dengan menu andalan mie, nasi Hainan, bebek panggang dan daging babi. Pilihan saya adalah mie goreng Hainan. Sayangnya untuk minuman tidak begitu lengkap. Karena di restoran China, saya pilih minuman teh liang, agar tidak panas dalam. Pesanan cepat diantarnya, dan setelah menyantap makanannya, ternyata enak juga. Harga lumayan murah, tidak lebih dari 30 ribu untuk seluruh pesanan makan siang ini.


Jadi kalau ke Kota Bandung, suka komik, penggemar Bruce Lee, bisa mampir di Restoran Po Ka Tiam di Jalan Pasirkaliki, persis berada di depan Hotel Guci. Ramai? pasti, enak? dijamin,murah? relatif. Hehehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar